About Me

header ads

Biografi Imam Malik dan Karya Imam Malik

 
Imam Malik, Biografi Imam Malik, Ulama, Karya Imam Malik
Jiwa Santri - Pada artikel kali ini kami akan membahas biografi Imam Malik ulama' besar dan termasyhur sentero dunia. Imam Malik lahir di kota Madinah pada tahun 93 H memiliki nama lengkap yakni Malik bin Anas bin Malik bin Abi ‘Amr bin al-Haris bin Usman bin Jusail bin Amr bin al-Haris al-Ashbahaniy al-Himyariy, Abu ‘Abdillah al-Madaniy.dan sub suku dari Himyar, salah satu suku Qahtani yakni suku yang menguasai sebuah kerajaan besar pada masa jahiliyya. Kerajaan mereka di kenal dengan tatabi’a (jamak dari kata Tubba’). Tubba’ di sebutkan di dua tempat dalam Al-qur’an yang mulia.

Kakek bapaknya (biografi imam malik), Abu Amir diperkirakan oleh sementara orang sebagai salah satu sahabat nabi. Disebutkan juga bahwa ia ikut serta dalam seluruh peperangan yang diidkitu Rosul allah, semoga Allah merahmatinya, kecuali pada perang Badar. Akan tetapi, Ibn hajar menyebutkan dalan isaba karya Adh-Dhahabi bahwa ia tidak menemukan seseorangpun yang menyebutnya sebgai salah seorang sahabat nabi, meskipun ia memang hidup semasa dengan nabi. 

Kakek Imam Malik

Sedangkan Malik ibn abi Amir, kakek Imam Malik, adalah salah seorang ulama besar Tabi’un. Ia adalah salah satu dari mereka yang menulis mushaf di masa amir al-mu’min Utsman ibn affan, semoga Allah mencintainya. Ia memiliki empat orang anak: Anas bapaknya imam malik. Abu Suhayl yang nama sebenarnya adalah Nafi’ ar-Rabi’ dan Uways kakek dari Ismail ibn Abi Uways dan saudaranya Abd al –Hamid. 
 
Kedua orang ini (ismail dan Abd al-Hamid) merupakan murid diantara murid-murid lain dari Imam Malik, sekaligus periwayat hadits-hadits shahih. Empat bersaudara(Anas, bapak Imam Malik dan saudara-saudaranya) meriwayatkan dari bapak mereka, Malik ibn Abi Amir dan yang lainnya, kemudian meriwayatkan dari mereka. Yang paling terkenal di antara mereka, dalam konteks pengetahuan dan periwayatan, adalah Abu Suhayl. Imam Malik menghubungkan diri dengannya sebagaimana yang dilakukan oleh periwayat-periwayat hadits-hadits shahih lainnya. Al-Bukhori, Muslim, dan yang lain banyak meriwayatkan dari Malik bin Abi Amir dan anaknya Abu Suhayl.

Dengan ini terbukti bahwa Imam malik merupakan anak keturunan dari mereka yang terkenal dalam periwayatan dan pengetahuan. Sebagian di keutamaan keluarga ini melahirkan tersebut terjadi pada tahun 90 setelah hijrah, meskipun juga ada pendapat-pendapat lain. Ia meninggal pada usia 87, menurut catatan yang paling mayekinkan, meskipun ada pula yang mengatakan bahwa usianya mencapai 90 tahun. 
 

Karya-karya Imam Malik

Ia semoga Allah membetkatinya, berpostur tinggi dan sedikit gemuk. Rambutnya botak, dengan kepala yang besar dan mata yang bagus dan berjenggot banyak. Mus’ab az-Zubayri mengatakan bahwa “Malik adalah seorang yang memiliki wajah tertampan, bermatta menarik, berkulit putih bersih, tinggi badannya serasi dan bentuk tubuh yang amat baik. Yang lain mengatakan” ukuran tinggi Imam malik sedang:. Gambran yang pertama lebih dikenal. 

Berikut adalah karya Imam Malik

Diantara karya-karya beliau antara lain; Risalah Ila Ibn Wahb fi al-Qadr, Kitab An-Nujum, risalah fi al-Aqdhiyah, tafsir li Gharib Alquran, risalah Ila Lais bin Sa’ad, Kitab Syiar, Kitab al-Manasik, Risalah Ila Abu Hasan, dan Kitab al-Muwaththa’

Posting Komentar

0 Komentar